PEREKAMAN KTP-EL DI DESA BAGI PEMULA

Administrator 27 Juni 2021 21:49:59 WIB

Pringapus, id – Memberi Kado Ulang Tahun ke-17 berupa KTP-EL kepada warganya adalah salah satu inovasi unggulan Pemerintah Desa Pringapus Kecamatan Dongko.

Memberikan pemahaman dan pelayanan pada usia dini terutama kepemilikan dokumen kependudukan sangat penting. Karena pada usia 17 tahun akan sangat sering membutuhkan pelayanan public misalnya SIM, Buku Tabungan, melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Jarak yang jauh antara Desa Pringapus dengan Dukcapil akan menjadi kendala bagi para remaja untuk mendapat pelayanan karena pada usia sekolah. Hal tersebut menjadi alasan bagi penggagas inovasi di Desa untuk melaksanakan perekaman Biometrik kepada warganya pada usia 16 tahun lebih dan memilih hari libur dan bertempat di Balai Desa.

Pada hari Rabu, 17 Juni 2021 bertepatan liburan kenaikan kelas serta pembelajaran Daring, maka dimanfaatkan Pemerintah Desa Pringapus untuk mengundang Warganya yang usia 16 Tahun untuk malaksanakan perekaman KTP-EL. Yang mendapat undangan adalah seluruh warga yang Lahir pada Tahun 2005 sejumlah 67 orang.

Sebelum dilakukan pelayanan rekam biometric, para remaja diberikan sosialisasi pentingnya pendaftaran Penduduk, KTP-EL, Kartu Keluarga dan Pencatatan Sipil lainnya. Diharapkan para remaja tersebut bias menyampaikan kepada keluarga dan tetangga akan pentingnya dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Dari 67 orang yang diundang, hadir dan melaksanakan perekaman sebanyak 64 orang, sedang sisanya berada diluar daerah karena berada di Pondok Pesantren dan berjanji akan segera menyusul melaksanakan perekaman agar bias menerima KTP-EL tepat waktu. Disamping perekaman biometrik, pada saat yang sama sekaligus update KK atau perubahan status pendidikan pada KK dengan menyerahkan KK asli dan Foto copy Ijasah/SKL dari sekolah. Dengan demikian pada tahun 2022 nanti, tidak ada warga usia 17 Tahun yang terlambat mendapatkan KTP-EL. (mjo)

Komentar atas PEREKAMAN KTP-EL DI DESA BAGI PEMULA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar