DESA PRINGAPUS TERBAIK DALAM SINODES PROV. JAWA TIMUR BIDANG PENGEMBANGAN SDM

Administrator 28 Desember 2019 23:59:01 WIB

Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan Hak dasar masyarakat yang harus terpenuhi. Data Kependudukan merupakan data dasar untuk menentukan arah kebijakan pembangunan disegala bidang, antara lain kemiskinan, pendidikan dan kesehatan. Kondisi data kependudukan akan berpengaruh terhadap data yang lain bahkan sulitnya masyarakat untuk mendapatkan layanan public lainnya misalnya, BPJS, SIM, rekening Bank dan lain sebagainya. Namun kesadaran masyarakat yang masih sangat rendah akan pentingnya Dokumen Kependudukan serta sulitnya masyarakat untuk menjangkau layanan Kependudukan menjadi kendala yang cukup besar bagi Pemerintah Desa.

Menjawab permasalahan tersebut pemerintah desa Pringapus melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Adminduk Capil) dengan Jemput Bola serta memfasilitasi pelayanan Adminduk di Desa. Masyarakat tidak perlu direpotkan dengan jarak tempuh untuk menjangkau pelayanan. Pemerintah Desa bekerjasama dengan Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan di Desa. Bahkan bagi warga tidak mampu, Jompo, ODGJ dan disabilitas akan diberikan pelayanan jemput Bola hingga kerumah warga.

Kegiatan tersebut yang menjadi Inovasi Desa Pringapus dan meraih Penganugerahan Terbaik Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Kompetisi Inovasi Desa (SINODES) Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 dengan judul Tuntas Adminduk dengan pelayanan Jemput Bola. Penganugerahan diserahkan oleh Kepala Dinas PMD Prov. Jawa Timur Mohammad Yasin di Hotel Singhasari Resort Batu tanggal 02 Desember 2019 dan diterima oleh Sekretaris Desa Mujiono mewakili Kepala Desa sekaligus inovator kegiatan tersebut. Penghargaan yang diberikan berupa Piala, Piagam Penghargaan dan Uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah).

Dalam sambutannya Kepala Dinas PMD Prov. Jatim menyampaikan bahwa atas apresiasi yang diberikan akan menambah semangat bagi Pemerintah Desa untuk meningkatkan prestasi dan tetap berinovasi sebagaimana yang disampaikan Presiden RI. Beliau juga berharap berbagai Inovasi terbaik ini bisa direplikasikan di wilayahnya masing-masing.

Disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Prov Jatim, Sekretaris Desa Pringapus diminta untuk menyampaikan paparan dan berbagi cerita atas Inovasi yang dilaksanakan.(mjo)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar