PRINGAPUS MENYIMPAN POTENSI WISATA

Administrator 17 Februari 2018 03:35:12 WIB

Di desa Pringapus Kecamatan Dongko yang berada diantara pegunungan dan kawasan hutan, diakui menyimpan banyak potensi wisata yang menawarkan keindahan. Banyak tempat-tempat wisata yang indah dan alami yang layak untuk dikunjungi. Di desa Pringapus banyak pilihan tempat wisata  yang tersebar di empat Dusun antara lain Goa Maling Guno, Jurug Rajawalidan  Jurug Bidadari yang terletak di Dusun Gejagan. Di Dusun Krajan menawarkan Keindahan Taman Bunga “Pringgodani” yang merupakan buah karya Putra Desa yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Subur Lestari”, yang hingga saat ini masih dalam proses dan penanganan. Di Dusun Dawung menawarkan Indahnya Air Terjun/Jurug Dawung, sementara di Dusun Picis ada Batu Tumpang yang Unik dan dianggap mempunyai nilai mistis.

Kehadiran Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang sedang melaksanakan tugas KKN di Desa Pringapus sangat berperan dalam proses menumbuhkembangkan Wisata di Desa Pringapus, terutama Taman Bunga “Pringgodani” dan Air Terjun “Dawung”. Hal tersebut terbukti telah diterimanya Penghargaan atas peran sertanya baik dari Pemerintah Desa maupun LMDH sebagai pengelola Wisata tersebut.

Dengan berbagai ide dan kreatifitas para Mahasiswa terutama dari Posko I, kini diakui banyak mengalami kemajuan dengan pesat baik cara penanganannya maupun jumlah pengunjung yang datang karena adanya daya tarik yang selama ini belum maksimal. Pengelola Wisata yang Juga Ketua LMDH Sukaryanto menyatakan sangat membutuhkan perjuangan dan kerja keras untuk mewujudkan Tempat Wisata Pringgodani ini sempurna. Disamping itu juga butuh bantuan ide dan kreatifitas dari Teman-teman Mahasiswa. Untuk itu diharapkan di waktu yang akan datang selalu ada Mahasiswa yang bertugas KKN di Desa Pringapus terutama bidang Wisata mengingat lokasi yang Luas dan tempat yang strategis dan di tengah kawasan hutan diyakini menjadi adaya tarik tersendiri.

Sementara Di dusun Dawung, mahasiswa di Posko 2 juga melakukan hal serupa. Dengan sentuhan tangan-tangan terampilnya teman-teman mahasiswa bergotong-royong dengan Warga dan Pemuda untuk membuka akses jalan menuju Air Terjun Dawung, yang letaknya tidak jauh dari Jalan Raya. Saat ini sudah terlihat jelas dari Jalan Raya, bahkan telah dipasang beberapa petunjuk jalan. Dilokasi terpasang papan yang bertuliskan dengan bahasa Thailand yang merupakan Ucapan “Selamat Datang”. “Ini yang bisa saya lakukan sebagai bukti cinta saya untuk Desa Pringapus” ucap Fareed Yunu salah satu mahasiswa yang berasal dari Thailand. Disana juga tertulis Air Terjun “Hindam Namsai” Dawung (HDN) yang berarti “Batu Hitam Air Jernih”.

Pemerintah Desa dan LMDH sebagai pengelola Wisata berharap ada kesinambungan dengan Mahasiswa dan selalu ada kerjasama yang erat untuk mewujudkan Pringapus menjadi tempat kunjungan wisata yang menjadi pilihan. Mjo

Komentar atas PRINGAPUS MENYIMPAN POTENSI WISATA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar