PRINGAPUS KAYA BUDAYA

Administrator 23 Agustus 2017 00:36:50 WIB

Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, tentu sejalan dengan masuknya budaya manca yang dapat dinikmati oleh masyarakat bahkan sampai ke pelosok paling ujung hanya dalam genggaman melalui mesin pintar/smart phone. Tentu hal tersebut akan semakin mengikis budaya dan tradisi lokal yang sangat bernilai luhur, karena dianggap kuno, kolot nggak modern dan lain-lain.

Namun di desa Pringapus masih menyimpan berbagai Seni Tradisioinal yang masih tetap bertahan dan berusaha terus berkembang. Diantaranya adalah Seni Tradisional Karawitan, Wayang Kulit, Tradisi Terbangan Pitonan, dan Seni Jaranan.

Diantara beberapa Seni tradisional yang ada, Seni Jaranan yang paling diminati karena dianggap dapat dinikmati dan dimengerti oleh segala usia. Ada beberapa Paguyuban Seni Jaranan di Desa Pringapus yang selalu melakukan inovasi dan Kreasi untuk bisa menampilkan yang terbaik. Salah satunya adalah Seni Jaranan Campur Sari "GALA PUTRA" dari Dusun Picis Desa Pringapus. Dalam setiap tampilannya, selalu menyuguhkan tarian/gerakan yang baru. Yang membuat penggemar jaranan semakin tertarik adalah munculnya penari Barongan yang jumlahnya mencapai puluhan penari. mjo

Komentar atas PRINGAPUS KAYA BUDAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar