TRADISI BERSIH DESA

Administrator 23 Agustus 2017 00:00:56 WIB

Di Desa Pringapus masih kental dengan tradisi Bersih Desa atau sering disebut "Longkangan", karena kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan jawa Longkang. Kegiatan ini diawali dengan bergotong-royong membersihkan sekitar kali atau sumber mata air dimana masyarakat mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Dilanjutkan dengan membersihkan jalan lingkungan menuju ke rumah warga.

Warga Lingkungan RT. 20 Dusun Dawung adalah salah satu lingkungan yang melaksanakan kegiatan rutin Longkangan. Warga berkumpul sejak pukul 06.00 pagi kemudian memulai kegiatan dengan membersihkan sekitar Sumber mata air. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang dari lingkungan setempat. Suasana gotong-royong sangat dirasakan oleh warga baik laki-laki maupun perempuan, bahkan anak-anak yang belum usia sekolah terlihat turut gembira mengikuti kegiatan Longkangan.

Yang merupakan puncak acara atau acara inti adalah berkumpul di rumah sesepuh lingkungan untuk kenduri/tumpengan. Tumpengan merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terlimpahnya sumber mata air yang selalu mengalir untuk mencukupi kebutuhan hidup. mjo

Komentar atas TRADISI BERSIH DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar