MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG MENGOPTIMALKAN POTENSI EKONOMI MELALUI PENGOLAHAN PEKARANGAN BERSAMA IBU-

Administrator 23 Agustus 2019 15:26:04 WIB

Rabu, 22 Agustus 2019 bertepatan di Desa Pringapus. Dimana desa ini menyimpan banyak keanekaragaman tumbuhan baik yang di konsumsi sehari-hari atau sebagai mata pencaharian masyarakat. Desa ini memiliki lahan yang  luas dan terletak di pengunungan. Untuk daerah pegunungan sendiri, lahannya dapat ditanami berbagai macam sayuran. Karena kondisi di pegunungan sangat baik untuk ditanami sayuran, baik sayuran untuk kebutuhan sehari-hari maupun dikonsumsi jangka waktu yang lama.

Masyarakat sekitar masih kurang memanfaatan hasil tumbuhan di perkarangan. Masyarakat sekitar hanya tau tumbuhan perkarangan itu di konsumsi untuk buah atau sayur yang sederhana. Untuk hasil perkarangan tersebut dapat menghasilkan produk yang bisa terjual dengan kualitas baik dan meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa menjadi ciri khas oleh-oleh Kabupaten Trenggalek khususnya desa pringapus.

KKN IAIN Tulungagung dengan ibu-ibu PKK Desa Pringapus mengadakan penyuluhan tentang pemanfaatkan hasil pengolahan tumbuhan perkarangan. Acara ini dilaksanakan di posyandu Dsn kerajan. Penyuluhan tersebut juga di hadiri kurang lebih 40 undangan yaitu terdiri dari anggota PKK, ibu-ibu warga sekitar posko, serta teman-teman KKN dari IAIN Tulungagung. Dalam acara tersebut, para ibu memberikan respon yang baik dan mendukung tentang hasil produk yang kami ciptakan. Untuk penjualannya, para ibu memberikan saran yang terbaik untuk produk kami.

Penyuluhan pemanfaatan hasil tumbuhan perkarangan dirasakan sangat sesuai dengan asset yang ada di desa pringapus. Perlu di ketahui KKN IAIN Tulungagung pada tahun 2019 ini menggunakan metode Asset Based Community Development atau Pemberdayaan Masyarakat berbasis Asset. Oleh karena itu kami mengangkat potensi-potensi yang ada di desa pringapus dan banyak manfaatnya untuk Desa Pringapus. Pemanfaatan tumbuhan di perkarangan salah satunya yaitu "Buah Pepaya" yang diolah menjadi abon. Abon tersebut kami beri nama Abonapus. Abon ini berbahan dasar pepaya dan cara pembuatannya juga sangat sederhana. Rasa khas pepaya masih terasa dalam Abonapus ini sehingga cocok untuk lauk maupun cemilan biasa. Manfaat pepaya sendiri sangat banyak diantaranya mengandung vitamin A yang baik untuk mata, mengandung enzim papain yang melancarkan pencernaan.

Dengan di adakannya penyuluhan ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat, mengurangi pengangguran dan mengembangkan potensi desa. Serta masyarakat desa pringapus dapat menjadikan produk tersebut menjadi produk unggulan Desa Pringapus.

Komentar atas MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG MENGOPTIMALKAN POTENSI EKONOMI MELALUI PENGOLAHAN PEKARANGAN BERSAMA IBU-

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PRINGAPUS

tampilkan dalam peta lebih besar